Minggu, 14 Juli 2013

Lawan Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat Komputer

 
Melawan Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat KomputerSederhana sekali, Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat Komputer adalah masalah kompleks bagi mata dan penglihatan yang dialami sebagai akibat menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Di era ini, dimana pelajar dan kaum pekerja menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, sindrom ini lebih banyak terjadi dari yang Anda pikirkan. Seperti yang telah dikatakan, orang yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam di depan komputer setiap hari cenderung mengalami sindrom ini.
Statistik menunjukkan, dalam keadaan umum, masalah penglihatan mempengaruhi 70–75 persen dari orang-orang yang bekerja di depan komputer. Hal ini membuat Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat Komputer disinyalir menjadi masalah kesehatan yang paling sering menimpa kelompok ini.

Kenali Gejala dan Tanda-tandanya

Gejala dan Tanda-tandanyaBagaimana Anda mengetahui bahwa Anda terkena Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat Komputer? Tandanya sangat jelas. Sakit kepala, mata yang panas atau lelah, penglihatan ganda atau buram, kehilangan fokus, gangguan mata, mata kering, sensitif pada cahaya, gangguan kronis pada leher dan bahu – semua masalah ini mengidentifikasi bahwa Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer tanpa istirahat.
Gejala lainnya, kemampuan yang rendah dalam merubah fokus atau pandangan. Ini dapat dijelaskan dengan lambatnya kemampuan mata untuk fokus pada visual baru saat penglihatan beralih dengan cepat ke arah obyek di kejauhan atau yang lebih dekat. Fokus otot mata yang digunakan secara berlebihan dapat melelahkan mata dan peradangan mata ini sering disertai dengan rasa panas atau kering.
Tak seorangpun yang tidak terancam sindrom ini – ini adalah masalah mata yang mempengaruhi siapa saja, dari anak-anak sampai orang dewasa, yang menghabiskan waktunya paling tidak beberapa jam di depan komputer setiap hari.
Tentu saja lingkungan kantor Anda turut memberi kontribusi signifikan pada masalah ini. Bila kantor atau kubikal Anda memiliki pencahayaan yang tajam atau tidak seimbang, Anda berada dalam risiko. Bila Anda duduk terlalu dekat atau terlalu jauh dari layar komputer atau warna dari background tulisan di layar atau gerakan yang ditampilkan pada layar juga dapat membawa Anda pada risiko terkena Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat Komputer.

Perawatan Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat Komputer dan Penyembuhannya

Untuk melindungi atau meminimalisir Sindrom Gangguan Penglihatan Akibat Komputer, ambillah istrahat beberapa saat dari layar komputer – satu kali dalam 30 menit – dan lakukan secara teratur. Arahkan pandangan ke luar jendela untuk menatap obyek yang menyejukkan seperti taman yang hijau. Bila Anda berada di tengah hutan kehidupan urban kota, alihkan pandangan sejenak untuk melihat tanaman yang hijau.
Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu mengurangi peradangan mata akibat komputer:
  • Gunakan pencahayaan yang tepat: Sumber pencahayaan yang berlebihan, seringkali dari luar atau dari cahaya lampu pijar dalam ruangan bisa menyebabkan peradangan mata. Saat berada di depan komputer, pastikan cahaya sekeliling ruangan Anda setengah dari yang ada di sebagian besar kantor. Turunkan tirai, kurangi jumlah pencahayaan yang Anda nyalakan dalam ruangan. Posisikan layar komputer Anda di sebelah jendela daripada di depan Anda atau posisi Anda menghadap layar komputer sambil membelakangi jendela. Sesuaikan lingkungan Anda dengan layar komputer Anda. Pastikan kontras yang tinggi antara background layar dan karakter yang ditampilkan di layar.
  • Hindari cahaya yang menyilaukan: Peradangan mata dapat juga disebabkan cahaya yang menyilaukan pada dinding dan benda lainnya, permukaan yang berkilau atau refleksi pada layar komputer. Satu cara untuk mengurangi cahaya silau adalah memasang layar anti silau pada monitor Anda. Juga, pertimbangkan untuk mengecat warna putih pada dinding dengan kualitas matte, warna yang lebih gelap.
  • Berkedip lebih sering: Berkedip adalah prose’s membasahi mata dan membantu menghindarkan mata dari iritasi dan mata kering. Sangat normal, saat bekerja di depan komputer untuk berkedip lebih sering. Kantor dengan pendingin ruangan adalah lingkungan yang sangat kering – yang mengurangi air mata. Usahakan untuk berkedip dan membasahi kembali mata Anda.
  • Yoga untuk mata: Berikan mata Anda sebuah waktu istirahat dan recharge setiap setengah jam hingga satu jam. Alihkan pandangan dari layar komputer pada suatu obyek di kejauhan selama 10 detik. Atau pandanglah obyek di kejauhan selama 10–15 detik dan kembali fokus pada obyek yang lebih dekat selama 10–15 detik berikutnya. Alihkan fokus mata Anda untuk jarak dekat dan jauh bergantian selama 10 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar